Selasa, 28 Februari 2012

Sejarah Ihamahu

Rumah Raja Ihamahu
1.IHAMAHU SEBELUM TAHUN1653.

Untuk berbicara tentang sejarah ihamahu ini,kita harus tahu dahulu di manakah letaknya dan bagaimana geografinya.
Ihamahu terletak di pulau saparua.
Saparua dalam istilah bahasa daerah : SOPANOLUA.,yang berarti:sampan dua.
hal ini di sebabkan bentuk pulau ini sama benar dengan dua buah sampan yang terletak berdampingan.
sebuah sampan terletak di bagian selatan dan sebuah sampan lagi terletak di bagian utara..sampan pada bagian utara pulau saparua ini,adalah jazirah yang sejak dahulu dengan nama : HATAWANO.
Hatawano adalah daerah hutan lebat yang letaknya rata rata atau mendatar.hatawano adalah suatu nama menurut bahasa setempat yang berarti :DAERAH KERAJAAN IHA.
Kerajaan iha pada waktu itu luas sekali sehingga pulau saparua di katakan :NUSA IHA.
Dari data2 dan fakta sejarah yang ada,maka jazirah hatawano terdiri dari 7 buah negeri atau soa,yang di sebut AMAHITU,yang merupakan satu kesatuan di bawah pemerintahan seorang raja yang bertakhta di atas gunung ULUPALU atau AMAIHAL.

Tujuh buah negeri atau soa itu adalah :
1.IHA (IWA)
2.HATALA (HATALA SOUPAKE)
3.MAHU (AMAHULUN / MAHULUN)
4.MATALETE
5.HATULESI
6.MALIGE
7.HUKOM

Soa malige dan hukom,merupakan negeri2 yang kecil sekali dan tidak berpengaruh,sehinggadua soa kecil ini dilebur pada soa yang pertama yaitu soa iha.
Dengan demikian hanya terkenal lima soa atau negeri.itulah sebabnya di sebut ULILIMAS atau ULILIMA.pada masa sekarang di sebut :NEGERI LIMA atau HATAWANO.
Iha merupakan hulu negeri atau negeri utama soa yang paling besar di antara negeri2 (soa-soa) yang lain,di bawah pemerintahan seorang raja yang mengkoordinir seluruh pemerintahan negeri2 itu.

1.SOA HATALA ,di bawah pemerintahan , PATI.
2.SOA MAHU ,di bawah pemerintahan , ILAHULUN
3.SOA MATALETE ,di bawah pemerintahan , PELEUTULA
4.SOA HATULESI ,di bawah pemerintahan , ORANG KAYA
5.SOA MALIGE ,di bawah pemerintahan ,RAJA IHA

Karena raja iha dalam status pemerintahannya sebagai raja yang memerintah seluruh soa-soa yang ada maka yang meliputi tujuh negeri itu di sebut : KERAJAAN IHA .
Dalam tulisan beberapa sarjana belanda mereka tidak menyebut kerajaan iha,tetapi kerajaan IHAMAHU.
Hal ini dapat kita pahami ,karena selain politik devide et impera mereka,maka kerajaan iha merupakan suatu benteng yang kuat dalam menentang belanda sehingga bagi belanda,rakyat iha di anggap orang2 yang keras kepala yang suka melawan dan tidak dengar2an terhadap belanda.
dengan datangnya portugis dalam tahun 1512,maka mereka di taklukan dengan cara yang lihai oleh GUBERNUR GONSALOS PARERA.

Ia memaksakan mereka harus tunduk dan taat pada portugis serta wajib memeluk agama kristen roma katholik
Tidak beberapa lama sesudahnya masuk juga agama islam di HITU (pulau ambon).Dari sana ia berkembang sampai ke iha dan mempunyai pengaruh yg sangat besar.
Kerajaan iha yang tadinya tidak senang terhadap portugis bangkit bersama-sama hitu melawan portugis yang di bawah pimpinan GUBERNUR ANDREA FORTADO,portugis kalah.
pada waktu belanda datang di bawah pimpinan GUBERNUR GENERAL YAN PIETERSZOON COEN,di usahakan mengalahkan kerajaan iha.tetapi iha melawan dan tidak mau takluk pada belanda.perlawanan ini mengakibatkan :PERANG KAKIALI.(perang 1)..dalam perang ini jatuh bnyk korban pada pihak belanda...

Hal ini terjadi karena :
1.benteng iha teguh
2.lingkungan dan kedududkan strategis
3.penyerangan dan perlawanan rakyat
4.kemampuan bertahannya rakyat

PERANG 2 :PERANG MADJIRAS 13 APRIL1632-1652
Rakyat iha berperang mati2an mempertahankan hak2 azasi dan kehormatan martabat kerajaan dan bangsanya.
Akhirnya iha di lemahkan dengan cara yang keji yang melanggarperaturan agama islam.olehnya semangat tempur rakyat iha di lemahkan dan kerajaan iha runtuh pada tahun 1652.
Konon kabarnya belanda menembak benteng iha dengan daging dan taring2 babi.pusat kerajaan iha di musnahkan sama sekali dan penduduk nya lari tercerai berai.tanah dan hak milik mereka,disita oleh orang2 belanda,dan di bagikan kepada kaki tangan belanda,negeri2yang membantu belanda.terkenal SASOPONE dari TUHAHA.

2.IHAMAHU BARU SESUDAH1653.
 

Ihamahu baru adalah negeri ihamahuyang penduduknya adalah sebagian kecil dari rakyat kerajaan yang karena cinta akan tanah tumpah darahnya,terpaksa tetap tinggal menyembunyikan diri di hutan sekitarnya dan tidak mau lari tinggalkan tanah asalnya.
Mereka ini kemudian turun dari gunungdan memeluk agama kristen protestan di tahun 1680,dan mendirikan negeri ihamahu baru di bawah perintah :YEREMIAS DJUMAAT PATIIHA ,sebagai pati yang pertama.
Ihamahu baru punya soa-soa yang di sebut UKUSIWA,yang berkedudukan di pesisir pantai kota hitu,yang saat ini di katakan negeri RARACHIT.(negeri yang kedudukannya memang sepanjang pesisir pantai)
Soa-soa yang ada pada ihamahu baru itu adalah :
1.SOA IHA
2.SOA MAHU
3.SOA MATALETE
4.SOA SOULIMA
5.SOA HATULESI
6.SOA HATALA
7.SOA PIA
8.SOA KULUR
9.SOA SIRISORI


Masing-masing soa di perintahkan oleh seorang kepala soa yang berada di bawah PATI IHAMAHU.Negeri ini memakai nama NORAITO AMAPATI,,yang artinya : BAPAK DARI RAKYAT IHAMAHU ADALAH PATI.

ULIMAS atau ULILIMA berarti : LIMA ULI
AMAHITU berarti : NEGERI TUJUH
UKASIWA atau UKUSIWA menggambarkan sembilan SOA atau SIWA
MAATITA berarti : PENDUDUK ASLI adalah orang-orang yang berasal dari NUSA INA atau PULAU SERAM.


TERKUTIP DARI GUIDE BOOK OLEH BP.AU PATTINAYA.


Sumber :  https://www.facebook.com/groups/81213795722/permalink/10150534341905723/

1 komentar:

FIlm Anime Indonesia mengatakan...

Bu jang marah eewg..
bt orang Ihamahu juga baru tau sejarah ini lai ..
tp ada yg lebih kompleks zn?

Poskan Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Berdasarkan kecintaan akan tanah kelahiran dan dengan mengumpulkan tulisan dari berbagai sumber, Blog sederhana ini saya buat.Saya berharap Blog ini bisa memberi informasi mengenai Sejarah dan Budaya Maluku kepada pembaca. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. TAVEA : -SEI HALE HATU HATU LISA PEI , SEI LESI SOU SOU LESI EI ! MENA MURIA! -KAPITAN MERAH- Son Of Alifuru

remember your roots

remember your roots
 
© Copyright 2035 Son Of Alifuru
Theme by Yusuf Fikri