Mahasiswa Indonesia Pertama yang belajar keluar negeri berasal dari MALUKU

17.16


Siapa orang Indonesia pertama yang belajar ke luar negeri? 








Para Perintis Student Indonesia

Sejauh yang termaktub dalam dokumen sejarah, Jawabannya adalah empat pemuda Ambon: Andrea de Castro putra raja Soya, Marcus de Roy putra raja Kielang, Laurens de Vretis dari Hative, dan Laurens Queljo dari Halong. Mereka pada Oktober 1620 meninggalkan tanah kelahiran menuju Negeri Belanda. 



Cees van Dijk dalam buku Di Negeri Penjajah: Orang Indonesia di Negeri Belanda, 1600-1950, menulis: empat pemuda itu dipilih oleh Letnan Gubernur Ambon, Herman van Speult, untuk belajar teologi. Mereka disiapkan menjadi pendeta Kristen yang rencananya memberi pelayanan di Hindia.

Tiba di Belanda pada 1621, Marcus de Roy dan kawankawan diterima Pangeran Maurits. Mereka lalu beroleh kesempatan mengunjungi kotakota penting di negeri itu. Dengan biaya dari VOC mereka ditempatkan di rumah Pendeta Petrus Wassenburgius di Amersfoort untuk belajar agama Kristen dan Bahasa Latin. Dari sana, pemuda-pemuda pilihan itu dipindahkan ke Leiden, yang saat itu memiliki seminari baru.


Namun van Dijk tak yakin apakah mereka akhirnya benar benar belajar di sana. Sebab sebuah dokumen sahih tak menerakan nama mereka dalam daftar siswa seminari itu.

Pemuda Ambon yang dilayarkan ke Belanda biasanya dididik untuk menjadi misionaris Kristen.Pada 1630, tiga dari empat pemuda itu: Marcus de Roy, Andrea de Castro, dan Laurens de Fretis, kembali ke Ambon (Laurens Queljo meninggal di Belanda). Namun mereka tak menunjukkan minat terhadap agama Kristen. Alih-alih jadi pendeta, Marcus de Roy dan kawan-kawan malah diangkat menjadi kadet laut.

Jauh hari kemudian, tepatnya pada 1898, seorang pemuda Jawa secara sadar melanjutkan studinya ke Belanda. Ia adalah RM Panji Sosrokartono, putra Bupati Jepara RM Adipati Aryo Sosroningrat, yang juga kakak kandung RA Kartini.






Sumber : Di Negeri Penjajah: Orang Indonesia di Negeri Belanda, 1600-1950

http://catatanpolitikindonesia.blogspot.com/2011/07/mahasiswa-indonesia-pertama-di-luar.html

You Might Also Like

0 komentar